NEWS
Gara-gara Corona, Operator Ritel Stage Stores Inc. Ajukan Pailit
JAKARTA – Operator toko ritel konvensional Stage Stores Inc. mengajukan permohonan pailit menyusul penumpukan hutang dan tekanan ekonomi akibat wabah virus corona.
 
Perusahaan yang mengoperasikan sejumlah toko ritel seperty Goody’s, Peebles, dan Gordmans secara simultan mencari pembeli untuk sebagian atau semua lini bisnisnya sambil secara bertahap mulai mengurangi operasi.
 
Perusahaan akan mulai membuka kembali toko-toko yang telah ditutup akibat pandemi, dengan sekitar 557 outlet dijadwalkan untuk dibuka pada 15 Mei untuk melakukan penjualan likuidasi.
 
Baca Juga : Apple akan Buka Kembali Outlet di Australia dan Austria
Pengajuan kepailitan Bab 11 di kota asalnya, Houston, mencatat aset dan liabilitas perusahaan mencapai masing-masing US$500 juta dan US$1 miliar.
 
Chief Executive Officer Stage Stores, Michael Glazer mengatakan meskipun perusahaan telah berusaha untuk meningkatkan kinerja keuangannya dalam beberapa bulan terakhir, lingkungan pasar yang semakin menantang dan diperburuk oleh pandemi Covid-19 memaksa perusahaan untuk sementara waktu menutup semua toko kami dan meninggalkan sebagian besar rekanan.
 
"Mengingat kondisi ini, kami tidak dapat memperoleh pembiayaan yang diperlukan dan tidak punya pilihan selain mengambil tindakan ini,” ungkap Glazer, seperti dikutip Bloomberg.
 
Pada 2019, Stage Store menjalankan lebih dari 700 department store di 42 negara bagian di bawah yang terdiri dari sejumlah merk dagang seperti Bealls dan Palais Royal.
 
Sebagian besar department store berada di kota-kota kecil dan pedesaan, sementara toko-toko diskon seperti Gordmans sebagian besar berlokasi di pasar ukuran menengah.
 
Stage Store didirikan pada tahun 1988 ketika manajer Palais Royal dan beberapa perusahaan modal ventura mengakuisisi Bealls dan Palais Royal, yang didirikan sejak tahun 1920-an.
 
Perusahaan mengakuisisi Peebles Inc. pada 2003, dan menambahkan nama "Goody" pada 2009 dari Goody's Family Clothing Inc. melalui lelang kepailitan. Pada tahun 2017, perusahaan mengakuisisi beberapa aset Gordmans Stores Inc., juga melalui lelang.
 
Aprianto Cahyo Nugroho
Editor : Rivki Maulana
Sumber: bisnis.com, 11 Mei 2020  |  14:22 WIB
DEDY ARDIAN & PARTNERS
Gedung Arva Lt.3
Jl. Cikini Raya No. 60, Jakarta 10330
Tel : +62 21 314 7154
Fax : +62 21 390 3994
Mobile : +62 0811 903 286
E-mail : deape.prasetyo@gmail.com

Copyright © 2014. All Rights Reserved
Link Sosial Media